Mengenal Smart Hospital dari DHealth Bikin Nakes Fokus Urus Pasien

Suara.com - Industri kesehatan saat ini ditantang untuk memberikan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu di tengah pandemi yang masih di dunia termasuk Indonesia. Berbagai insiden pelayanan kesehatan tidak jarang bermula dari ketidakefisienan di dalam proses bisnis rumah sakit, yang berujung ke kekecewaan pasien.

Beberapa yang sering terjadi di antaranya adalah antrean panjang pasien untuk mendapatkan pelayanan, tumpukan berkas yang menyita sumber daya fasilitas kesehatan, khususnya waktu untuk memberikan asuhan pasien, dan  beberapa hal lain. Sementara itu, kemajuan teknologi informasi kesehatan sudah terbukti mampu membantu pemecahan sebagian besar isu pelayanan kesehatan tersebut. Industri kesehatan di Indonesia perlu segera berevolusi dengan bantuan teknologi demi membawa kemajuan-kemajuan pelayanan kesehatan.

Rintisan upaya tersebut terwujud pada tahun 2017 dari PT Citraraya Nusatama (CRN), berupa solusi SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) dengan brand D’Health yang dipasarkan kepada rumah sakit di Indonesia. Aplikasi tersebut terus dikembangkan mengikuti standarisasi terbaru dan masukan-masukan dari para profesional medis.

Ini merupakan bentuk komitmen CRN demi cita-citanya untuk berkontribusi bagi kemajuan industri kesehatan di Indonesia dengan merealisasikan konsep Smart Hospital, di mana pelaku medis bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih "human" bagi para pasiennya. Contoh pelayanan kesehatan yang lebih "human" adalah ketika dokter dan perawat bisa benar-benar memberikan perhatian sepenuhnya kepada pasien dan tidak lagi disibukkan dengan kegiatan administratif, karena sudah dibantu dengan SIMRS yang optimal.

Baca Juga: Jokowi Beri Penghargaan Bidan di Riau yang Gugur Bertugas Tangani Covid

PT Citraraya Nusatama (CRN), berupa solusi SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) dengan brand D’Health yang dipasarkan kepada rumah sakit di Indonesia. PT Citraraya Nusatama (CRN), berupa solusi SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) dengan brand D’Health yang dipasarkan kepada rumah sakit di Indonesia.

Di kuartal ketiga 2021, CRN berhasil meraih kepercayaan dari PT Sabar Kerja Keras (SKK) berupa investasi dengan nominal yang cukup signifikan. Suntikan dana segar ini membuka kesempatan bagi CRN untuk melakukan percepatan di berbagai sisi mulai dari pemasaran dan riset produk yang dibutuhkan untuk mengejar pangsa pasar baru di industri kesehatan. Riset dan pengembangan CRN sedang diupayakan ke arah investasi infrastruktur yang mendukung setiap kegiatan pengembangan aplikasi kesehatan dan peningkatan kapasitas para tenaga ahli.

"Tim CRN perlu merealisasikan D’Health menjadi solusi SIMRS yang terbaik, yang bukan hanya bisa membantu manajemen rumah sakit agar mengurangi penggunaan dokumen kertas - less paper, tetapi harus bisa sampai mengeliminasi penggunaan dokumen kertas - paperless. Selain itu, D’Health juga perlu dirancang dengan fitur antarmuka yang terbaik agar bisa lebih mudah digunakan para tenaga medis di rumah sakit," kata Nico Amon, CEO dan Co-Founder dari CRN dalam rilisnya.

Kolaborasi CRN dengan SKK juga membawa penyegaran di tim manajemen. Dewan direksi yang semula terdiri dari Nico Amon sebagai CEO, Juned Syafruddin sebagai Chief Product Officer (CPO), Dori Artsyanto sebagai Chief Operating Officer (COO), dan Dian Jauhari sebagai VP of Research & Development kini bertambah kuat dengan kehadiran para eksekutif baru. Dari SKK, Alwin Jabarti Kiemas dan Randy Bimantoro berperan sebagai Komisaris, sementara Yogi Liman bergabung sebagai Chief Technology Officer (CTO), dan Rionald Soerjanto sebagai Chief Business Officer (CBO).

CBO CRN, Rionald Soerjanto menyatakan, "SIMRS D'Health akan banyak membantu rumah sakit dalam meningkatkan produktivitas dengan tetap mengefisiensi biaya, tanpa harus mengorbankan pelayanan pasien. Besar harapan kami dari CRN agar SIMRS D'Health mampu membantu transformasi sekian banyak rumah sakit, terutama ketika semua bisnis diharuskan berkompetisi secara digital".

D’Health dan Masa Depan Pelayanan Kesehatan

Baca Juga: Orangtua Harus Tahu, Ini Tanda Anak Kecanduan Internet

Saat ini CRN sudah berhasil mengembangkan tiga solusi teknologi kesehatan selain SIMRS D’Health, yaitu Telemedicine e-Poly dan Laboratory Information System D’Health yang digunakan di hampir 20 rumah sakit di Indonesia. Sebagai pemain baru di kancah teknologi informasi kesehatan Indonesia, CRN mendapatkan kepercayaan dari rumah sakit besar di industri kesehatan seperti Mayapada Healthcare Group, RS Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, RS Umum Adhyaksa, dan beberapa rumah sakit lainnya di Indonesia. CRN pun telah menjalin kemitraan strategis dengan PERSI (Perhimpunan RS Indonesia) dan ARSSI (Asosiasi RS Swasta Indonesia) demi kemajuan industri kesehatan Indonesia.

0 Response to "Mengenal Smart Hospital dari DHealth Bikin Nakes Fokus Urus Pasien"

Post a Comment