Mohammad Al Kindi Penjelajah Pertama Sumur Neraka Yaman

Jakarta, CNN Indonesia --

Mohammad Al Kindi adalah salah satu dari delapan peneliti Eksplorasi Gua Oman (OCET) dan menjadi manusia pertama yang turun ke dasar Sumur Neraka atau Sumur Barhout di Yaman.

Al-Kindi bersama OCET menjelajahi lebih dari seratus gua di Oman sebelum menjelajahi Sumur Neraka. Mereka juga menerbitkan buku berjudul 'Sebuah Panduan untuk Gua-gua di Oman' yang menuliskan catatan tentang gua-gua yang sudah mereka jajal.

OCET lantas bekerja sama dengan Badan Survei Geologi dan Sumber Daya Mineral Yaman untuk menjelajahi Sumur Neraka.


"Tim eksplorasi Gua Oman yang bekerja sama dengan Badan Survei Geologi dan Sumber Daya Mineral Yaman, mendokumentasikan sumur Barhout baru-baru ini. Sumur yang berumur jutaan tahun, dan menurut masyarakat sekitar tidak pernah dijelajahi atau didokumentasikan sebelumnya," ucap Al-Kindi.

Seperti dilansir Muscat Daily, Al-Kindi mengatakan sumur neraka dibentuk oleh pelarutan batuan gamping seperti yang ditemukan wilayah Dhofar, Oman, dan di wilayah Mahra dan Hadramaut, Yaman. Lapisan batuan di gua ini terkikis oleh air tanah yang mengandung garam dan asam sehingga membentuk cekungan dan gua yang dalam setelah beberapa juta tahun.

Selain itu, sumur ini memiliki sebuah lubang yang memancarkan air pada kedalaman 65 meter dari permukaan. Al-Kindi menjelaskan sumur ini memiliki beberapa titik air terjun dengan debit air yang variatif.

"Air terjun di bagian timur adalah yang paling aktif, ketika aliran air di bagian selatan terganggu. Gua ini memiliki varietas organisme yang beragam dari mulai ular, katak, hingga kumbang," ucap Al-Kindi.

Sumur Neraka atau Sumur Barhout terletak di gurun pasir provinsi Al Mahra. Sumur ini berlokasi sekitar 30 kilometer dari perbatasan Oman di gurun pasir Al Mahra.

Gua itu diketahui berukuran lebar 30 meter, dengan kedalaman lebih dari 100 meter. Umur dari sumur Barhout tidak diketahui, tetapi pejabat Yaman sempat menyebut sumur ini sudah ada sejak jutaan tahun lalu.

Selain itu gua ini memiliki batuan stalagmit dan stalaktit yang panjangnya lebih dari sembilan meter.

Mitos Sumur Neraka BACA HALAMAN BERIKUTNYA

0 Response to "Mohammad Al Kindi Penjelajah Pertama Sumur Neraka Yaman"

Post a Comment